Jumat, 10 Juli 2020

Home Education (4) - Outdoor Life (1)

Alam adalah tempat belajar terlengkap bagi manusia, dan penting jika dibiasakan sejak usia awal kehidupannya.

Anak dibawa ke alam bukan untuk tahu banyak, melainkan untuk mengalami banyak hal dan mengamati banyak hal. Banyak membaca buku yang yang berisikan fakta-fakta tanpa melihat dan mengamati sendiri akan membuat anak malas mengamati dan memiliki ketertarikan yang kurang terhadap proses.

CM menyampaikan bahwa anak-anak perlu memiliki masa kecil yang tenang dimana mereka tidak harus diburu-buru oleh terlalu banyak hal, dan itulah tugas ibu : memberi masa anak-anak yang aman dan tenang sejak dini.
Untuk 6 (enam) tahun pertama sebaiknya anak memiliki jadwal wajib yang singkat saja supaya mereka tumbuh sebagaimana harusnya, dan sebaiknya menghabiskan sebagian besar waktunya di luar ruangan, menikmati udara segar. 

Mengenai kehidupan di luar ruangan, ini mengingatkan berapa sering kita membawa anak kita keluar ruangan dan bagaimana kita melakukannya.
Jika belum melakukan, bagaimana kita memulainya ? 
Kita (Ibu/orangtua) sebaiknya "membawa" anak-anak beraktifitas di luar ruangan.. membawa ya.. bukan menyuruh.. artinya kita ikut bersama mereka. Meskipun ketika berada di luar ruangan / alam mereka akan diberi lebih banyak waktu untuk sendiri (melihat / mengamati / mengalami), tapi kita tetap perlu ada bersama mereka untuk memastikan atau mencegah hal-hal tertentu.

Jika kita meluangkan waktu di luar ruangan yang cukup lama kita perlu memastikan bahwa kita dan anak-anak bisa menikmati waktu-waktu dengan menyenangkan. Perlu ada rencana jg supaya menjalaninya tanpa menjadi bosan.
Kita perlu menjaga supaya mood anak-anak ketika berada di luar ruangan agar tetap baik, karena anak-anak tidak akan bisa menikmati apapun jika situasi hatinya tidak baik.
Ibu jg sebaiknya memanfaatkan kesempatan di luar ruangan untuk melatih :
* mata yang mengamati
* telinga yang mendengar
* benih-benih kebenaran yang ditanam tumbuh dalam ruang imajinasi mereka

Beri waktu untuk anak mengamati dan mengalami sendiri, bermain bebas dan aktif, serta melakukan satu atau dua pelajarannya. Ibu perlu ada disana bukan untuk menceritakan segala sesuatunya melainkan mendengar dan menjawab jika mereka sungguh memerlukan panduan.

Tidak perlu juga mewajibkan sambil membawa buku cerita atau buku apapun sebagai panduan mengamati. Iya juga sih ya, repot sekali pastinya kalau sambil menikmati ini itu sambil harus membaca juga.. hihi..
Kita perlu memastikan anak-anak menggunakan pakaian yang nyaman dan diizinkan menjadi kotor saat bermain.

Mengamati dari Ben dan Liv, aku menemukan bahwa anak-anak akan tertarik sekali dengan semua yang mereka lihat di luar ruangan.
Akan banyak pertanyaan ini dan itu yang kadang membuat kelelahan menjawabnya.. haha.. resiko jadi orang tua.. memang untuk itu orangtua perlu belajar banyak, perlu membaca banyak.

Jika tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang muncul dari pengamatan mereka, tidak apa-apa. Kadang-kadang anak-anak menemukan sendiri jawabannya dari pengamatan berikutnya. Yang terpenting adalah tidak mematikan rasa ingin tahunya.

#HomeEducation
#CharlotteMasonSeries
#OnlineDiscussion
#RefleksiNarasi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar